SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SD NEGERI 4 CIRAHAB KORWILCAM DINDIK LUMBIR KAB. BANYUMAS

Pengertian Profil Pelajar Pancasila: Pengertian, Dimensi, hingga Elemen Kunci

Pengertian Profil Pelajar Pancasila: Pengertian, Dimensi, hingga Elemen Kunci

 "Profil Pelajar Pancasila" merujuk pada gambaran atau karakteristik pelajar yang memiliki pemahaman dan sikap yang sesuai dengan nilainilai Pancasila, dasar negara Republik Indonesia. Berikut adalah penjelasan mengenai pengertian, dimensi, dan elemen kunci dari "Profil Pelajar Pancasila":



1. Pengertian Pelajar Pancasila:

    Pelajar Pancasila adalah mereka yang tidak hanya menguasai materi pelajaran, tetapi juga memiliki pemahaman mendalam terhadap nilainilai Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Indonesia. Mereka menunjukkan sikap positif, tindakan konkret, serta keterlibatan dalam menerapkan nilainilai Pancasila dalam kehidupan seharihari.


2. Dimensi Pelajar Pancasila:

   Pemahaman: Pelajar Pancasila memahami nilainilai dasar Pancasila seperti Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

   Sikap: Mereka memiliki sikap positif terhadap keragaman, menghargai perbedaan, dan menjunjung tinggi nilainilai kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan gotong royong.

   Tindakan: Pelajar Pancasila menerapkan nilainilai Pancasila dalam tindakan nyata, seperti menjaga persatuan, menghormati hak asasi manusia, serta berperan aktif dalam kegiatan sosial dan kemasyarakatan.


3. Elemen Kunci Profil Pelajar Pancasila:

a. Pemahaman Nilainilai Pancasila:

Memahami dan mampu menjelaskan makna dan prinsip dari lima sila Pancasila.

b. Sikap Positif:

Menunjukkan sikap positif terhadap nilainilai kebangsaan dan gotong royong.

c. Tindakan Nyata:

Terlibat aktif dalam kegiatankegiatan yang mendukung persatuan, keadilan, dan keberagaman.

d. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara:

Memiliki kesadaran sebagai warga negara Indonesia yang taat hukum dan cinta tanah air.

e. Pembelajaran Sebagai Proses Pendidikan Pancasila:

Memanfaatkan setiap proses pembelajaran sebagai kesempatan untuk menginternalisasi nilainilai Pancasila.


4. Implementasi Profil Pelajar Pancasila:

 a. Pendidikan Karakter:

Membangun karakter melalui pendidikan yang berfokus pada nilainilai Pancasila.

b. Kegiatan Ekstrakurikuler:

Mengintegrasikan nilainilai Pancasila dalam kegiatankegiatan ekstrakurikuler.

c. Pembelajaran Inklusif:

Menerapkan metode pembelajaran yang inklusif dan menghargai keberagaman.


Profil Pelajar Pancasila menciptakan generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga negara yang berlandaskan nilainilai Pancasila dalam kehidupan seharihari. Hal ini bertujuan untuk membentuk pribadi yang berintegritas, bertanggung jawab, dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan negara.

0 Komentar